Cara Mengecilkan Ukuran File PDF secara Drastis

Cara mengecilkan Ukuran File PDF – Welcome back guys, admin  iseng kali ini akan memberikan tips yang mungkin akan kalian butuhkan suatu saat yaitu  cara mengecilkan ukuran file pdf. Sehubungan dibukanya pendaftaran CPNS, banyak dari pendaftar yang kebingungan untuk mengecilkan ukuran file pdfnya, sebenarnya untuk mengecilkan file pdf ini gampang banget dan bisa juga kita lakukan tanpa men-download software tambahan, namun admin akan membagikan semua cara yang admin tahu buat sobat semua.

pdf

Menggunakan Microsoft Office Word

Micorsoft-Office-Word

Mengecilkan ukuran file pdf bisa kalian lakukan dengan software satu ini, saya yakin kalian pasti punya Microsoft Office Word mengingat ini adalah salah satu aplikasi yang paling dibutuhkan. Untuk Microsoft Office Word mulai tahun 2013 sudah mendukung untuk format pdf lho, jadi kalian nggak perlu repot download software lain juga, caranya yaitu buka file pdf yang ingin kalian kecilkan ukurannya lalu klik File -> Save As untuk format file pilih PDF dan jangan lupa klik minimum size ya.

Menggunakan Software Tambahan

menggunakan-nitro-pro

menggunakan-nitro-pro-2

Mengecilkan ukuran file pdf menggunakan software tambahan tentu bisa banget, software yang umum dipake untuk mengecilkan ukuran file pdf yaitu Nitro Pro. Caranya tentu mudah juga namun berbeda dengan Microsoft Office Word, jika menggunakan Microsoft Office Word kita memanfaatkan fungsi Save As namun pada Nitro Pro kita akan memanfaatkan fungsi Print, sedikit aneh namun memang seperti ini caranya, pertama buka file pdf yang ingin kalian kecilkan ukurannya lalu klik File -> Print lalu pilih printer dengan nama Nitro PDF Creator kemudian klik Printer Properties, maka akan muncul seperti pop up mengenai Printer Properties, selanjutnya pada convertion rate pilih Web Ready dan klik Ok, Print dan jadilah file pdf dengan ukuran yang lebih kecil.

Menggunakan Web penyedia jasa PDF Compressor

menggunakan-web-penyedia-jasa-pdf-kompressor

menggunakan-web-penyedia-jasa-pdf-kompressor-2

Kalau cara – cara sebelumnya kita menggunakan software pembuka dokumen, untuk cara ketiga ini kita hanya memanfaatkan web penyedia jasa PDF Compressor, jadi kalian harus memiliki koneksi internet yang stabil untuk menggunakan cara ini, karena file pdf yang ngin kalian kecilkan ukurannya akan di-upload untuk diproses dan kita harus me-download file pdf yang telah dikecilkan ukurannya, untuk mencari web penyedia jasa PDF Compressor cukup kalian ketikkan saja di google dengan key word “PDF Compressor” maka akan muncul beberapa website penyedia jasa tersebut, sebagai contoh adalah website smallpdf.com

 

Masih adakah cara lain menurut sobat iseng semua? Silakan menambahkan pada kolom komentar di bawah

Leave a Reply