Cara Belajar Efektif Efisien Agar Mendapat Nilai yang Bagus

Cara Belajar Efektif –  Sobat iseng  tentu ingin mendapatkan nilai yang baik di sekolah maupun di kampus, namun untuk mendapatkan nilai yang baik tentu butuh perjuangan yang tidak mudah. Ya kita harus rajin belajar agar mendapat nilai tersebut namun apakah cukup dengan rajin saja cukup? Tentu tidak, kalian harus tahu cara belajar yang efektif. Kebanyakan kita memiliki masalah dalam belajar, mungkin waktu yang kurang atau tempat belajar yang kurang kondusif atau mungkin sifat kita yang pemalas. Jangan khawatir jika anda memiliki masalah tersebut karena jika anda menemukan cara belajar yang tepat. Bagi para kaum lelaki kemungkinan masalah utamanya adalah kesulitan melawan rasa malasnya, saya melihat sejak SMP sampai Perguruan Tinggi, perempuan terlihat lebih rajin dibanding para lelaki meskipun ada lelaki yang tak kalah rajin dengan para wanita. Sebenarnya kalau anda ingin menjadi yang terbaik tentu harus rajin belajar tapi jika anda hanya ingin mendapat nilai yang baik, memuaskan, dan bisa jadi salah satu yang terbaik (saya tidak bilang yang terbaik hanya salah satu), saya rasa belajar dengan cara yang efektif sudah cukup bagi anda dan ini sudah saya buktikan

belajar efektif efisien

Temukan Cara Menyukai Pelajaran Tersebut

Ini baru nomor satu udah susah, but you should try it. Memang sih pelajaran itu membosankan tapi jika kalian menyukainya, saya yakin kalian akan lebih memahami pelajaran tersebut. Terserah bagaimana cara kalian, entah karena dosennya atau karena bukunya. Buat diri kalian menyukai pelajaran  tersebut. Namun tentu ini bukan sebuah keharusan tapi jika anda menukainya tentu akan jadi lebih mudah.

Bagaimana Cara Kita Mengatasi Masalah Belajar

Saya yakin kita semua memiliki masalah belajar, entah apa itu? Kita harus mengatasi ini guys, Kita tidak bisa memaksa otak kita untuk fokus ketika pikiran kita sedang kacau, jika anda punya masalah yang mengganggu coba selesaikan telebih dahulu, kalian tentu tidak bisa fokus belajar jika kalian ada masalah sama pacar kalian, atau dikejar proyek penting dll. Selesaikan masalah tersebut dengan cepat dan segera kembalilah belajar setelah itu.

Selain itu, masalah mindset tentu juga berpengaruh, cobalah untuk selalu berpikir positif dan jangan bandingkan dengan orang lain karena anda akan selalu merasa kurang. Meskipun bagi beberapa orang masalah dan perbandingan dengan orang lain bisa menjadi motivasi belajar tersendiri, tapi tentu kalian sendirilah yang tahu mana yang cocok untuk anda.

Memilih Tempat Belajar yang Kondusif

Jangan sampai anda memilih tempat yang salah dalam belajar, karena ini akan mengurangi keefektifan belajar kalian, sebagian orang salah memilih tempat belajar dengan belajar di tempat yang cukup ramai, atau mungkin belajar di tempat makan bersama teman-temannya, anda tentu akan lebih tertarik pada teman-teman anda dan bahan candaanya daripada belajar. Coba cari tempat yang tepat untuk belajar, di perpustakaan atau di kedai kopi yang sepi dan mungkin juga di balkon kampus yang sepi. Anda harus menemukan tempat yang membuat anda nyaman belajar. Jangan berhenti mencari ketika anda sudah menemukan tempat yang cukup baik, karena semakin kondusif tempat semakin efektif belajar anda.

Bawa Semua Barang yang Anda Butuhkan untuk Belajar

Ketika kalian sudah menemukan tempat yang ideal untuk belajar, bawalah SEMUA barang yang kalian butuhkan untuk belajar. Jangan sampai anda harus bolak-balik mengambil barang yang tertinggal dan tentunya jangan salah membawa barang juga, mungkin menurut kalian membawa laptop itu penting karena kalian bisa lebih cepat untuk menulis sesuatu tapi laptop juga berpotensi mengganggu belajar kalian, godaan untuk membuka sosmed atau bermain game tentu ada, dan jika kalian sudah ke-asyikan jadinya lupa belajar. Batasi penggunaan smartphone anda dalam belajar karena itu juga berpotensi mengacaukan belajar anda.

Menggaris Bawahi dan Menulis Ulang Catatan

Cara selanjutnya adalah menggaris bawahi dan menulis  ulang catatan, cara begitu efektif dan sering saya lakukan. Kita bahas mengenai menggaris bawahi terlebih dahulu, dalam menggaris bawahi tenttu cukup garis bawahi bagian yang penting saja mungkin cukup satu dua kata saja tidak sampai satu paragraf, dalam menggaris bawahi jangan sekali-kali mencontek hasil garis bawah teman kalian karena setiap orang memiliki cara sendiri dalam menusun konsep suatu materi, garis bawah membuat kalian dapat menyederhanakan atau menemukan konsep pelajaran agar mudah untuk diingat. Selanjutnya mengenai menulis ulang catatan, mungkin cara ini menghabisan waktu yang cukup lama tapi yakinlah dengan menulis ulang sama seperti kita telah membaca 2-3x karena banyak alat indra yang terlibat dalam menulis ulang mulai dari melihat, ucap, dengar dan tulis. It’s worth to do you know.

Gunakan Permainan Menghafal

Permainan menghafal sangat efektif dalam belajar yaitu dengan berupa metode untuk mengingat potongan informasi dengan menggunakan perkumpulan sederhana dari kata-kata umum. Cara yang paling umum digunakan adalah dengan mengambil hruf pertama tiap poin yang akan dihafalkan, misalnya : kita ingin menghafal huruf qalqalah dal ta’ kaf ba’ jim menjadi ditoko baju, di untuk dal, to untuk ta’, ko untuk kaf, ba untuk ba’ dan ju untuk jim. Cara ini tentu memudahkan kalian dalam mengingat tapi cara mungkin tidak cocok untuk sebagian orang karena harus mengingat dua hal, yang pertama pelajaran yang ingin dihafalkan dan yang kedua permainannya. Kalau menurut saya permainan menghafal juga bisa dilakukan melalui gerakan-gerakan untuk mewakili kata tertentu.

Jangan Lupa Berlatih

Pepatah mengatakan “Practice makes it perfect” dan itu benar, kalian perlu menguji diri kalian sendiri sebelum menghadapi tes, kalian bisa mengerjakan soal di buku atau soal soal dari kakak kelas kalian, namun tujuan dari latihan ini adalah untuk mengetahui jenis soal dan seberapa luas materi yang mungkin akan diujikan, jangan pernah berharap kalian akan mendapatkan soal yang sama seperti saat latihan atau kalian terlalu bergantung pada isu-isu bocoran yang tersebar, bersiaplah sebaik mungkin untuk hal di luar ekspektasi. Dalam berlatih kalian bisa sendiri maupun bersama teman kalian, kalian mungkin bisa saling memberi pertanyaan atau sharing mengenai pelajaran, namun cara ini hanya bisa dilakukan apabila kalian telah belajar sendiri sebelumnya. Jangan pernah mencoba belajar bersama tanpa persiapan jika tidak ingin terjerumus dalam guyonan teman-teman.

Buat jadwal belajar kalian

Cara yang ini sebenarnya tidak saya pernah lakukan, khususnya semasa kuliah dulu, dan ini kesalahan terbesar saya dalam hal belajar. Banyak orang belajar hanya apabila ada waktu luang, jika anda bisa menyisihkan waktu secara rutin untuk belajar, tentu ini akan berdampak baik dalam jangka panjang, mereview materi 30 menit sebelum pelajaran dan mengulanginya lagi 30 menit setelahnya tentu akan lebih mudah dibanding kalian harus belajar marathon selama 12 jam. Kalian tidak perlu rutin belajar setiap harinya, mungkin dua hari sekali atau seminggu dua kali (meskipun setiap hari lebih baik) itu sudah lebih baik daripada kalian harus mempelajari semua materi di saat mendekati ujian. Membuat kelompok belajar untuk belajar secara rutin patut dicoba namun ingat jika anda tidak cocok dengan kelompok belajar, jangan melakukannya, tetap cari tempat yang nyaman untuk diri sendiri.

Istirahat

Jangan terlalu membebani diri anda sendiri dengan belajar,  mengambil istirahat sejenak tidaklah salah. Anda tidak mungkin belajar 4 jam nonstop, anda harus membaginya mungkin setiap satu jam anda bisa beristirahat selama lima menit atau jika anda harus membaca 6 bab, setiap selesai satu bab anda bisa beristirahat. Anda tidak bisa memaksakan otak anda terus bekerja seperti itu karena anda seperti menuangkan air ke dalam gelas, agar tidak tumpah kita harus berhenti sejenak menunggu air tenang dan menuangkan lagi. Memberi penghargaan kecil atas jerih payah belajar anda tentu juga tidak salah, mungkin jika ada bisa membaca 6 bab dan tetap memahami materinya, anda akan makan makanan yang lezat. Ya semua itu layak dicoba.

Jaga Kesehatan dan Temukan Keseimbangan Hidup

Anda tentu tidak mungkin hidup untuk terus belajar, jagalah kesehatan tubuh kalian agar dapat terus belajar secara efektif dan temukan keseimbangan hidup kalian, kalian tidak harus belajar terus menerus, carilah aktivitas lain seperti berpergian, berkumpul dengan teman dan mungkin bersenang-senang karena hal-hal tersebut baik untuk pikiran kalian. Carilah suplemen atau vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh karena butuh tenaga yang banyak untuk mencari keseimbangan.

Fokus Belajar di Kelas

Saat kelas tengah belajar di kelas, cobalah fokus untuk menyimaknya, bukan hanyaa fokus pada apa yang ditulis oleh dosen namun juga apa yang diucapkannya karena dengan fokus di kelas akan meringankan beban belajar di kamar. Membuat catatan adalah cara yang paling efektif dan sering-sering lah berkonsultasi kepada pengajarmu agar kamu tidak ketinggalan.

 

Perlu diingat belajar bukan hanya untuk mendapatkan nilai baik semata namun untuk menyerap informasi lebih banyak, janganlah terlalu berorientasi ke nilai akan membuat kalian akan melakukan berbagai cara agar mendapat nilai yang bagus

Untuk tambahan tips belajar dari sobat iseng, kalian bisa menulisnya di kolom komentar

Leave a Reply